Kamis, 25 Oktober 2012

Perang Dunia II

Oke, sekarang kita akan membahas Perang Dunia II.
Perang Dunia II atau disingkat PD II adalah perang yang mencakup dunia, yang terjadi pada tanggal 1 September 1939 sampai 2 September 1945. Ses
uai namanya, perang ini adalah yang kedua, sementara Perang Dunia I terjadi pada tahun 1914 sampai 1918. PD II melibatkan banyak negara, yang dikelompokkan menjadi dua, yaitu Blok Poros dan Blok Sekutu.
Perang Dunia II pertama kali disebabkan oleh Jerman yang balas dendam atas kekalahannya pada Perang Dunia I. Sebagai permulaan, Jerman menyerang kota Danzig di Polandia, tanggal 1 September 1939. Polandia hancur lebur, para pemimpinnya ditawan NAZI, sisanya melarikan diri ke Rumania.
Tahun 1940, secara tiba-tiba Jerman menyerang Denmark dan Norwegia, tepatnya tanggal 9 April. Norwegia dibantu Inggris, Amerika, dan Polandia yang mendarat di Namsos, Andalsnes, dan Narvik. Namun, Norwegia tetap kalah pada awal Juni 1940. Setealh Norwegia kalah, Jerman memasuki Latvia, Lituania, dan Estonia serta menganeksasi Bessarabia dan Bukovina Utara dari Rumania.
Operasi Fall Gelb, invasi Benelux dan Perancis, dilakukan oleh Jerman pada 10 Mei 1940, mengakhiri apa yang disebut dengan "Phony War" (Perang Pura-Pura) dan memulai Pertempuran Perancis. Pada tahap awal invasi, tentara Jerman menyerang Belgia, Belanda, dan Luxemburg untuk menghindari Garis Maginot dan berhasil memecah pasukan Sekutu dengan melaju sampai ke Selat Inggris. Negara-negara Benelux dengan cepat jatuh ke tangan Jerman, yang kemudian melanjutkan tahap berikutnya dengan menyerang Perancis. Pasukan Ekspedisi Inggris (British Expeditionary Force) yang terperangkap di utara kemudian dievakuasi melalui Dunkirk dengan Operasi Dinamo. Tentara Jerman tidak terbendung, melaju melewati Garis Maginot sampai ke arah pantai Atlantik, menyebabkan Perancis mendeklarasikan gencatan senjata pada 22 Juni dan terbentuklah pemerintahan boneka Vichy.
Tanggal 27 September 1940, ditanda tanganilah pakta tripartit oleh Jerman, Italia, dan Jepang yang secara formal membentuk persekutuan dengan nama (Kekuatan Poros).
Italia menyerbu Yunani pada 28 Oktober 1940 melalui Albania, tetapi dapat ditahan oleh pasukan Yunani yang bahkan menyerang balik ke Albania. Hitler kemudian mengirim tentara untuk membantu Mussolini berperang melawan Yunani. Pertempuran juga meluas hingga wilayah yang dikenal sebagai wilayah bekas Yugoslavia. Pasukan NAZI mendapat dukungan dari sebagian Kroasia dan Bosnia, yang merupakan konflik laten di daerah itu sepeninggal Kerajaan Ottoman. Namun Pasukan Nazi mendapat perlawanan hebat dari kaum Nasionalis yang didominasi oleh Serbia dan beberapa etnis lainnya yang dipimpin oleh Josip Broz Tito. Pertempuran dengan kaum Nazi merupakan salah satu bibit pertempuran antar etnis di wilayah bekas Yugoslavia pada dekade 1990-an.
Pada akhir bulan april 1945, ibukota Jerman yaitu Berlin sudah dikepung oleh Uni Soviet dan pada tanggal 1 Mei 1945, Adolf Hitler bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri bersama dengan istrinya Eva Braun di dalam bunkernya, sehari sebelumnya Adolf Hitler menikahi Eva Braun, dan setelah mati memerintah pengawalnya untuk membakar mayatnya. Setelah menyalami setiap anggotanya yang masih setia. Pada tanggal 2 Mei, Karl Donitz diangkat menjadi pemimpin menggantikan Adolf Hitler dan menyatakan Berlin menyerah pada tanggal itu juga. Disusul Pasukan Jerman di Italia yang menyerah pada tanggal 2 juga. Pasukan Jerman di wilayah Jerman Utara, Denmark dan Belanda menyerah tanggal 4. Sisa pasukan Jerman dibawah pimpinan Alfred Jodl menyerah tanggal 7 mei di Rheims, Perancis. Tanggal 8 Mei, penduduk di negara-negara sekutu merayakan hari kemenangan, tetapi Uni Soviet merayakan hari kemenangan pada tanggal 9 Mei dengan tujuan politik.

Setiap perang pasti ada akibatnya. Akibat dari PD II adalah Sebagai Berikut:

Bidang Politik
  • AS dan Uni Soviet menang dalam PD II dan menjadi negara Adikuasa (superpower)
  • AS dan Uni Soviet melakukan Perang Dingin
  • Munculnya negara merdeka seperti Indonesia, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, dan India
  • Beberapa negara terpecah, seperti Korea, Jerman, dan Vietnam
  • Dibentuk Nato dan Pakta Warsawa
Bidang Ekonomi
Dalam bidang ekonomi terjadi depresi yang sangat luas. Pengangguran terjadi di mana-mana. Negara yang kalah perang kekurangan modal untuk membangun kembali negaranya. Amerika Serikat menawarkan berbagai bantuan program pembangunan (penanaman modal dan pinjaman modal). Berikut ini berbagai bentuk bantuan ekonomi dari Amerika Serikat.
  • Truman Doctrine yang diarahkan untuk membantu Turki dan Yunani.
  • Marshall Plan diprogramkan untuk membangun kembali Eropa.
  • Point Four Truman diarahkan untuk bantuan bagi negara-negara yang masih terbelakang, terutama di Asia.
  • Colombo Plan yang disponsori Inggris ingin membentuk kerja sama ekonomi dan kebudayaan.
 Bidang Sosial dan Kerohanian
  • Menimbulkan bencana besar bagi umat manusia, kerugian harta benda, dan nyawa sangat besar. Banyak anak kehilangan orang tua dan orang cacat korban perang.
  • Dibentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa tanggal 24 Oktober 1945.


Sekian tentang Infonya,, Untuk berita lebih lengkap bisa dilihat di Google. hehehehe...
oke, see you next time :)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2010 ALOS DJUANG | Design : Noyod.Com | Images: Moutonzare