Senin, 11 Maret 2013

Thomas Alva Edison

          Thomas Alva Edison lahir tanggal 11 Februari 1847 di Milan, Ohio, AS. Dia adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting.

          Edison, waktu kecil sering mendapat nilai jelek di sekolah, oleh karena itu ibunya memberhentikan dia dari sekolah dan mengajar Edison sendiri di rumah, karena ibunya adalah seorang guru. Ketika belajar di rumah,
Edison dengan leluasa selalu membaca buku-buku ilmiah dewasa, dan mengadakan berbagai percobaan sendiri.


          Kemudian, ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting waktu di Ney York. Tahun 1870, ia menciptakan mesin telegraf yang lebih baik. Uang yang dihasilkan dari penemuannya mampu membuatnya mendirikan perusahaan sendiri. Tahun 1874, ia pindah ke Menlo Park, New Jersey, untuk membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan pertama di dunia. Disana, ia membuat banyak penemuan penting, seperti gramofon (alat untuk merekam dan memainkan suara/lagu) yang ditemukan tahun1877, tahun 1879 ia menemukan lampu dan proyektor untuk film-film kecil.
          Edison mulai memasang lampu listrik di jalan-jalan dan di rumah-rumah sepanjang 1 km di kota NY(New York). Lalu, tahun 1890, ia mendirikan perusahaan "General Electric"


          Edison dikenal sebagai penemu paling produktif pada masanya, yang memegang 1.093 hak paten atas namanya. Penemuan Edison juga banyak membantu sistem pertahanan Amerika, antara lain dengan mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.
          Thomas Alva Edison meninggal pada tanggal 18 Oktober 1931, pada usia ke 84



          Tahun 1928, Edison mendapat penghargaan dari AS, berupa medali khusus dari Kongres Amerika Serikat

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2010 ALOS DJUANG | Design : Noyod.Com | Images: Moutonzare